1. Buat Keputusan Untuk Berkembang
Langkah pertama untuk menemukan potensi diri adalah dengan membuat keputusan secara sadar bahwa kamu ingin berkembang dan berubah menjadi lebih baik. Keinginan untuk berubah dan berkembang sangat bagus untuk dapat membuat kamu bergerak maju. Keputusan ini adalah bentuk dari niat untuk menggali potensi diri.

2. Kenali Diri Sendiri
Dalam dunia profesional, sangat penting bagi seseorang untuk mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Untuk dapat mengenali diri sendiri, kamu juga bisa bertanya pada orang-orang di sekitarmu tentang bagaimana mereka melihat kepribadianmu.

Ketika kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihanmu juga kekuatan dan kelemahanmu, maka kamu juga akan mengetahui apa saja yang harus kamu kembangkan dan perbaiki. Tentunya dengan semakin mengenal diri sendiri kamu juga akan semakin mengerti apa potensi diri yang kamu miliki.

3. Menyingkirkan Rasa Takut Akan Kegagalan
pemikiran kita tentang kegagalan akan sangat mungkin membuat seseorang meragukan tentang potensi diri yang dimilikinya. Sebuah kegagalan seharusnya tidak menghalangi kamu untuk terus menggali potensi diri dan mengembangkannya.
kamu harus selalu menganggap bahwa kegagalan adalah sebuah hal yang wajar terjadi pada setiap usaha yang kamu lakukan. Jika kamu sudah tidak merasa takut pada kegagalan, maka akan dapat menjadikan kegagalan tersebut sebagai pembelajaran dan alasan untuk berusaha lebih baik lagi mencapai yang kamu inginkan.

4. Tetapkan Tujuan
Tujuan yang kamu tetapkan bukan sekedar tujuan besar dan umum seperti “ingin menjadi orang sukses” atau sejenisnya, tapi juga tujuan-tujuan kecil yang nantinya juga akan membantu kamu memncapai tujuan besar dalam hidupmu. Pastinya akan lebih mudah untuk kamu mencapai sesuatu ketika kamu mengetahui secara spesifik apa hal yang kamu inginkan dan akan kamu lakukan.

5. Meraih Tujuan Melalui Langkah Kecil
Kamu bisa memulai dengan langkah kecil untuk mencapai tujuan tersebut. Ketika kamu berhasil mengambil langkah kecil, kamu akan membuktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu dapat melakukan lebih dari yang kamu pikirkan.
Jika kamu merasa kesulitan menentukan langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, kamu bisa belajar dari orang-orang yang telah mencapai tujuan yang sama. Kamu bisa mencari inspirasi dimanapun termasuk blog, buku, ataupun bertanya langsung pada orang yang sudah kamu kenal.

6. Buat Daftar Pencapaian
Langkah selanjutnya yang dapat membantu kamu menemukan potensi diri adalah dengan membuat daftar hal-hal yang telah kamu capai. Selain sebagai apresiasi pada dirimu sendiri, daftar kesuksesan ini juga akan sangat membantu kamu terutama saat kamu menghadapi kendala ketika ingin mencapai tujuanmu yang lain. Kamu akan kembali percaya diri karena kamu tahu bahwa kamu sebelumnya juga memiliki tujuan dan telah berhasil mencapainya. Pada dasarnya, pencapaian besar adalah kumpulan dari banyak pencapaian kecil yang sudah kamu lakukan.

7. Berhenti Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain
Pernah mendengar istilah, “Rumput tetangga selalu terliat lebih hijau“? Sebagian besar orang pasti sudah pernah mendengarnya dan juga merasakannya. Ketika kita memiliki satu pencapaian dan melihat orang lain memiliki pencapaian lebih besar, kebanyakan dari kita akan merasa bahwa pencapaian kita tidak pantas untuk dibanggakan. Padahal, bukan seperti itu seharusnya kita melihat pencapaian orang lain. Jika membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka tidak ada pernah habisnya dan pada akhirnya kamu tidak pernah menyadari potensi diri yang kamu miliki.

Ketika melihat orang lain memiliki pencapaian yang lebih besar, cukup dijadikan motivasi diri bahwa jika orang lain bisa mencapainya, kamu juga tentunya akan bisa menuju ke sana. Ketika sudah menemukan potensi diri dan dapat mengembangkannya, tujuan yang kamu inginkan juga tentunya akan lebih mudah tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here