Foto : Alumni Intesa Batch 5 (Pandi Indra Jaya) Saat ini bekerja sebagai Reception di Whiz Semarang

 

Buat kamu yang pengen jadi front office, bisa pantengin artikel ini. Soalnya disini bakal dibahas posisi posisi apa saja yang terkait dengan front office.

  1. Greeter dan Bell boy

Tugas seorang greeter adalah menyambut tamu ketika tamu tersebut masuk ke lobby hotel, dianterin ke receptionist untuk proses check in, setelah itu greeter juga bisa merangkap sebagai bell boy, bawain barang tamu sampai ke kamar. Nah disini dibutuhkan skill komunikasi yang baik dan juga skill bahasa asing aktif.

  1. Front Desk Attendant /Reception

Kalo yang ini tugasnya melayani transaksi check in check out, trus pembayaran dari tamu. Selain itu FDA juga harus menjadi pusat informasi hotel jadi selalu berkoordinasi dengan staff hotel lainnya.

  1. Bell Driver

Kalo kamu orang yang ramah dan suka plesiran, bell driver cocok banget buat kamu. Soalnya tugasnya antar jemput tamu dari hotel ke tempat tujuan /tempat wisata atau dari bandara ke hotel. Jadi kerja rasa travelling kan. Asik banget

  1. Guest Relation Officer (GRO)

Pengen punya relasi tamu VIP atau VVIP? Nah.. GRO bisa jadi pilihan kamu. GRO memang khusus melayani tamu VIP/VVIP dari anter ke kamar, sampai kebutuhan tamu tersebut. Kalo kayak gini, bahasa asing kamu harus bagus yah…juga komunikasi interpersonal yang baik. Jadinya tamu tersebut bakalan happy banget kalo ditemenin kamu. Siapa tau kan dapet tip dari tamu yang nominalnya lumayan.

  1. Telephone Operator (Call Center)

Daripada telepon pacar yang lagi ngambek, mendingan jadi telephone operator. Disini kamu bisa menerima dan menjawab telepon dari luar, dan catet segala biaya pengeluaran. Selain itu kamu juga harus sigap menghubungkan telepon masuk ke departemen yang dituju.

  1. Front Office Admin

Tugas seorang admin di FO departemen adalah mencakup kegiatan pengadministrasian dokumen, hingga permintaan barang ke Gudang. Seorang admin di FO biasanya merangkap menjadi FDA sesuai kebutuhan dan wewenang dari FO Manager.

  1. Night Audit

Tugas seorang Nigh Auditor adalah memeriksa dan memverifikasi kesesuaian data yang bersumber dari sistem komputer Front Desk Agent dengan transaksi keuangan. Selain itu, Night Auditor juga menghitung Occupancy bulanan hotel sehingga bisa untuk dijadikan sebagai sumber data bagi General Manager untuk membuat keputusan. Seorang Night Auditor ini bertugas di malam hari setelah Reception melakukan Closing. Emm keren banget kan posisi ini, jadi makin banyak belajar tentang sistem dan keuangan juga loh

Selain posisi ini juga ada posisi FO Leader, FO Supervisor dan FO Manager yang tentunya untuk berada di posisi tersebut diperlukan kerja keras dan pengalaman yang mumpuni. Pengen ada di posisi ini ? yuk raih impianmu bersama kami di intesa school of hospitality. Klik www.intesa-school.com untuk info lebih lanjut ya. (NDW/2019)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here